imagesApa itu pendidikan…?? pendidikan yaitu proses menerima ilmu yang biasa di lakukan di mana saja entah di sekolah atau di manapun tempat kita berada tergantung bagaimana kita berinteraksi denagn lingkungan yang ada sebuat saja pendidikan alam atau alam raya sekolahku.

Bagaimana pendidikan di Indonesia..??

Pendidikan Indonesia selalu gembar-gembor tentang kurikulum baru…yang katanya lebih oke lah, lebih tepat sasaran, lebih kebarat-baratan…atau apapun. Yang jelas, menteri pendidikan berusaha eksis dengan mengujicobakan formula pendidikan baru dengan mengubah kurikulum. Katanya Indonesia negeri makmur dan mempunyai pendidikan gratis. Bahkan ada moto indonesia yang katanya “mencerdaskan kehidupan bangsa” tapi ini malah bukan mencerdaskan bangsa tapi membodohi bangsa dengan berbagai kepentingan yang ada. Banyak rakyat miskin bukan menerima hak untuk mendapat pendidikan tapi malah di depak untuk tidak mendapat pendidikan bagaimana Indonesia mau mencerdaskan bangsa.

Bagaimana setiap anak Indonesia mau cerdas jangan cerdaslah terlalu berangan untuk memperoleh hal itu jika di lihat pendidikan Indonesia, mengapa saya mengatakan hal itu soalnya pendidikan hanya untuk kaum kaya atau si tuan polan (orang kaya dalam versi iwan fals). Bukan rahasia lagi jika pendidikan hanya untuk orang kaya menurut kapitalisme pendidikan “orang miskin dilarang masuk sekolah” sekali lagi sungguh memperhatinkan tapi itulah kenyataannya atau faktanya. Bayangin saja untuk masuk TK saja harus membutuhkan uang berates-ratus rupiah untuk mendapatkannya. Kita bukan bangsa yang miskin kita punya segala-galanya mengapa pendidikan harus di buat mahal. Tidak berkacakah kita kepada jerman, kuba, dan malaisya biaya pendidikannya saja sangat murah.

Bagi orang kaya atau si tuan polan pendidikan hanya hal biasa bias di beli dengan duit. Mari kita lihat contohnya :

  • Indonesia dihadapkan pada kasus yang mencoreng nama pendidikan. Kasus jual beli gelar yang dipraktekkan oleh IMGI. Cara memperoleh gelar ini sangatlah mudah, Anda tinggal menyetor 10-25 juta, dan Anda dapat gelar yang Anda inginkan..Tinggal pilih…apakah S1, S2, atau S3….benar-benar edan! Sebagian orang mabuk kepayang akan nilai gelar yang memabukkan. Dan tidak tanggung-tanggung yang pernah membeli gelar dari IMGI ini…sekitar 5000 orang.

  • Tulungagung jawa timur, guru main judi,(trans tv tgl 18 des jm 1.38) lihat saja guru saja maen judi gimana dengan masa depan kita masa kita harus diajarin judi.

pendidikan adalah satu-satunya jalan bagi bangsa kita dalam mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain. Aku cukup salut dengan pemerintah Kamboja dan Thailand yang mulai berbenah diri dengan berfokus pada pendidikan warga negaranya. Kedua negara ini mulai merintis pendidikan gratis bagi warga nya. Pemerintah Kamboja sendiri mulai mengalihkan sembilan belas persen dari total anggarannya yang biasanya digunakan sebagai angaran militer untuk mendukung pengembangan pendidikan.

Tulisan ini didedikasikan hanya untuk bangsa tercinta kita, yaitu Indonesia. Betapa semrawutnya kondisi saat ini tidak seharusnya menumpulkan harapan kita akan masa depan yang lebih baik. Tulisan ini tidak bermaksud menggurui ataupun menyalahkan. Kita bertukar pikiran hanya untuk mencari solusi terbaik, siapa tahu solusi ini bisa diimplementasikan dalam kondisi real.

Fals_belozoglu@linuxmail.org