London, Minggu -Hryhoriy Nestor, pria bujang asal Ukraina yang diklaim sebagai manusia tertua di dunia, telah meninggal pada usia 116 tahun. Seperti diberitakan surat kabar terbitan Kiev, Segodnya,Nestor meninggal di tempat tidurnya pada Jumat (14/12) malam lalu di sebuah desa bernama Stary Yarychev, di wilayah barat Lviv.

Sayangnya, Nestor belum sempat mencatatkan dirinya sebagai manusia tertua dalam buku rekor Guinness World. Rekor manusia tertua yang masih hidup saat ini tercatat atas nama Edna Parker, wanita asal Amerika Serikat yang merayakan hari ulang tahunnya yang ke-114 pada April lalu.
Semasa hidupnya, Nestor dikenal sebagai pria yang bergaya hidup sehat. Ia gemar mengkonsumsi makanan sehat buat jantung seperti kentang yang dihidangkan hangat bersama ikan herring, dan kol yang disajikan bersama sosis buatan sendiri.
Oksana, salah satu saudara yang tinggal bersamanya, mengatakan bahwa Nestor juga termasuk orang yang aktif. Di masa-masa terakhir hidupnya ia masih beraktivitas di rumah seperti memasak atau merawat ayam-ayam.

Beberapa saat sebelum meninggal, tak ada tanda-tanda bahwa pria bujang ini mengalami sakit. Ia menyiram kepalanya dengan air dingin dan kebiasaan itu dilakukannya untuk meringankan keluhan sakit kepala.

Kematiannya sungguh mengejutkan kami. Ia tidak bangun lagi. Setelah kematian tuannya, Murchik, kucing kesayangan Nestor, tidak lagi diam di sudut seperti biasa. Kucing itu menemani Nestor di tempat tidur, ungkap Oksana

Berdasarkan dokumen keluarganya, Nestor yang lahir pada 15 Maret 1891 adalah mantan buruh perkebunan dan tidak pernah menikah.
Dia tak menemukan pasangan selama hidupnya karena posturnya pendek dan tak punya banyak uang. Namun, Ia adalah orang yang pola hidupnya sehat, tambah Oksana.
Nestor juga dikenal gemar keluar rumah dan berlari tanpa alas kaki di atas rumput . Ia hanya sesekali saja meminum Vodka. Asupan favoritnya merupakan makanan pedesaan seperti sosis dalam gulungan roti.

Sumber : http://www.koranindonesia.com