Bunga Bangkai merupakan salah satu bunga langka di dunia yang hanya bisa ditemukan di daerah hutan hujan basah, seperti di Kebun Raya Bogor. Namun belakangan bunga ini sering tumbuh di tempat yang tidak selazimnya.

Seperti yang terjadi di samping rumah milik seorang warga di kelurahan Dufa-dufa, kecamatan Ternate Utara, Ternate, Maluku Utara. Bunga ini tumbuh secara liar di samping tembok pemilik rumah, Muhammad Salasa.

Bunga setinggi 60 Cm itu, ditemukan oleh 3 siswi SMU sekaligus anggota pramuka Saka Wanabakti, Aulia, Riski, dan Rahmat. �Secara tak sengaja mereka menemukanya dua hari lalu, saat melakukan praktek di sekitar rumah Muhammad Salasa yang bersebelahan dengan SMPN 2 Ternate.

Warga sekitar sendiri tidak pernah mengira bahwa bunga tersebut merupakan salah satu bunga yang dinyatakan langka dan dilindungi. Pengetahuan mereka seputar jenis-jenis flora yang masih minim menjadikan bunga sempat menjadi bunga misteri, karena tidak diketahui nama dan jenisnya.

“Padahal tumbuhnya bunga itu sudah sekitar tiga bulan lalu yang oleh pemiliknya dianggap bunga liar. Untung saja, tidak dipangkas. Nanti oleh tiga siswa tersebut barulah diketahui ini bunga bangkai yang memang dilindungi,” ujar Sunarto Taher, salah seorang warga setempat.

Kontan saja, hal ini langsung menghebohkan warga kota Ternate. Kabar itupun beredar dengan cepat bak angin yang bertiup. Warga yang penasaran pun datang berbondong-bondong untuk menyaksikan langsung untuk melihat dari dekat bunga yang sudah mulai mekar dan mengeluarkan bau menyengat itu.

Sayangnya, hingga kini belum diketahui sebab-sebab bisa bertumbuhnya bunga tersebut, karena kemunculan bunga tersebut merupakan yang pertama di Ternate. “Dari mana asalnya bunga ini, itu yang belum kita ketahui, karena pemiliknya saja tidak pernah menanam bunga tersebut melainkan tumbuh dengan sendirinya,” pungkas Narto.

Sumber : http://news.okezone.com