London: Penggemar motor skuter Vespa klasik di Inggris dan dunia tengah kecewa. Piaggio yang selama ini memproduksi motor tersebut, terpaksa menarik produk berusia 30 tahun itu setelah gagal lolos peraturan uji emisi Eropa yang dikenal dengan nama Euro 3.

Vespa terakhir melansir produk skuter klasiknya PX. Dengan bentuk mesin yang pipih, motor yang banyak dipakai di Inggris oleh Mod (penganut subkultur), itu padahal mempunyai banyak peminat.

Model PX 125 cc menjadi model favorit Mod di Inggris pada era 70-an. Model itu pula yang sempat dipakai aktor Gregory Peck dan artis Artis Audrey Hepburn dalam filemnya, Roman Holiday. Pelukis surealis Salvador Dali hingga Jennifer Lopez pun pernah merasakan nikmatnya mengendarai produk Vespa tersebut.

“Ini sangat memalukan bagi penggemar berat skuter klasik. Ini adalah akhir dari perjalanan ‘ibu’ dari Vespa,” ketus Andy Gillard-editor Majalah Scootering.

Penggemar Vespa klasik memang tidak akan menikmati lagi tunggangannya. Tapi Piaggio masih akan melayani pelanggannya dengan produksi Vespa matic atau tanpa gigi.

Sumber : http://www.tempointeraktif.com