Wah ini dia salah satu film terbaik menurut saya, Dan harus menjadi koleksi teman-teman
Film yang bercerita tentang seorang bayi yang ditemukan oleh teknisi kapal pesiar(danny)
pada 1 Januari 1900, Kesehariannya di habiskan di sela peralatan, dekat perapian di lantai paling bawah..Bayi tersebut diasuh dan diajari membaca oleh danny, anak yang kemudian dipanggil dengan nama 1900 tak pernah menginjakan kaki ke daratan, Hidupnya tersembunyi
dan tak punya kampung halaman.

Pada suatu pagi ia mengejutkan seluruh isi kapal dengan permainan pianonya, Samapi pada usia 27 tahun 1900 menjadi pianis hebat, Namun datang seorang negro yang mengklaim menemukan jazz menentangnya.

pada adegan ini, komposisi-komposisi menarik di mainkan oleh 1900 dan penantangnya. adegan saling memperlihatkan kepiawain memainkan komposisi-komposis begitu indah.

max, seorang peniup terompet mengajaknya turun kedarat, mengajaknya konser dan merekam komposisi lagu yang dibuatnya. 1900 akan kaya, terkenal dan hidup nyaman.

1900 menolak. “kapal ini terlalu besar buat saya, kata 1900.

sampai ia melihat kelebatan perempuan dari jendela. ia bengong, memperhatikan sambil terus memainkan pianonya. ia menciptakan komposisi khusus untuk diserahkan ke perempuan yang di sukanya itu.

hujan deras, perempuan itu berdiri di pinggir kapal menghadap laut. 1900 mencoba menyerahkan piringan hitam itu. namun ia ragu sampai perempuan itu pergi.

dilema bagi 1900. apakah ia harus turun ke darat mengikuti perempuan itu atau tetap memilih tinggal di kapal, di atas laut menghabiskan seluruh waktu hidupnya?

film ini, di sutradarai pemenang oscar (cinema paradiso). kali ini giuseppe tornatore melalui film yang rilis sepuluh tahun lalu ini mendapatkan 3 award.

Beutyfull Movie!